22/11/11

alat musik dari bambu


haihaiii cemuanyaaaaaaaaa,..
(hening,... #efek# daun" berjatuhan tertiup angin.... wuzzzzzzzzz)



Well,, kali ini guwe mau berbagi "sesuatu" buat para pembaca. (kayak ada yang baca ajjah,. XD)

Pada zaman dahulu kalaaaa,.... guwe pernah singgah di SANGGAR BAPONTAR selama beberapa minggu. naaah,, selama guwe disana, guwe belajar kesenian dari membuat topeng dari kertas, sampai melihat pertunjukan musik yang SEMUA ALATNYA TERBUAT DARI BAMBU !!
Heeeem,, pasti jarang ada yang tau kalo bambu itu bisa jadi banyak alat musik yang COOL and keyeeeeen banget,.!!
umumnya, hanya suling bambulah yang terkenal, tapiiii....... ternyata banyak jenisnya loh,.!


Ini namanya KARINDING asalnya dari sunda

mainya begini.
di tempelin ke mulut, lalu di tiup, dan ujungnya di pukul pelan pelan.
(hati hati saat memainkannya, lidah bisa tersentil oleh bambunya :3 )




Asal mula karinding sendiri masih menjadi pertanyaan. “Orang yang disini tau bahwa yang membuat karinding ini adalah seorang pangeran, yakni Kalamanda. Pangeran Kalamanda ini dipercaya membuat alat musik yang mirip dengan hewan yang disebut kakarindingan, untuk menarik perhatian lawan jenis."
       Berdasarkan Kamus Ensiklopedi Sunda, alat musik tradisional Karinding ternyata lahir karena cinta. Konon, Kalamanda jatuh hati setengah mati kepada seorang putri menak, Sekarwati. Ketika itu, orang tua si remaja putri yang dari kalangan bangsawan memagari ketat anaknya. Mereka dipinggit.Kalamanda gelisah. Sudah sekian lama ia memendam rasa cintanya kepada Sekarwati. Akhirnya terbetik dalam benaknya membuat alat untuk berkomunikasi. Dari pelepah nira atau kawung, Kalamanda membuat sebuah waditra, yang kini dikenal dengan nama Karinding.Alunan suara yang dihasilkan dari getaran sembilu kawung yang pipih itu mampu merasuk sukma Sekarwati. Akhirnya Kalamanda pun bersanding dengan gadis idamannya itu. Kalamanda menamai alat ciptaannya itu sekenanya saja, yakni Karinding. Wilayah Cineam ketika itu masih berupa rawa-rawa.
Di lingkungan seperti itu, hidup binatang sawahkakarindingan. Masyarakat di sekitar pesawahan menyukai binatang itu karena bentuknya lucu. Tentu saja sang gadis pujaan termasuk yang menyenanginya juga. Dengan spontan, Kalamanda menyebut alat musik yang dibuatnya dengan Karinding. Para pemuda lalu mengikuti jejak Kalamanda. begitu sejarah tentang karinding,..
(di kutip dari http://sundanessmkti.blogspot.com/ )


(ini alat musik loh,, bukan persediaan kayu bakar.)
yang ini namanya sulangsong//selongsong


cara maiinya di tiup sekuat kuatnya :3
(harus pe-de niupnya, kalo gag, gag bakal bunyi ) 



trus ada yang bentuknya sama cuman beda ukuran, dan beda pula namanya. ada yang namanya songsoet,

itu yang di tiup namanya songsoet.
nah,.. ada lagi yang namanya keprak//kepyak//kepyar. (tiap daerah beda penyebutan.) katanya siih,, (setau guwe) asalnya nih benda dari sunda juga. 




oh ea,..!!
KOLINTANG !! Ini kayak mainan yang guwe mainin waktu kecil.




Nama kolintang berasal dari suaranya: tong (nada rendah), ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa). Dalam bahasa daerah, ajakan "Mari kita lakukan TONG TING TANG" adalah: " Mangemo kumolintang". Ajakan tersebut akhirnya berubah menjadi kata kolintang. asal muasal nih alat musik dari minahasa.
bener - bener indah banget waktu ngedengerin anak - anak bapontar mainin ini,.. brrrrrr.,, merinding.

heeeem,... apa lagi eaaaaah ?? 
bingung deh,...
sampai di sinii dulu deh,....  nanti di lanjut (insyaallah X3 ) kapan kapan,.. 



daddaaaaaah,....

5 komentar: